Strategi Pengembangan Usaha Kopi Sasak Tulen Pada UMKM Berugak Elen Di Desa Lendang Nangka Utara
DOI:
https://doi.org/10.52232/jasintek.v6.i2.27Keywords:
Kopi, UMKM Berugak Elen, SWOT, StrategiAbstract
UMKM Berugak Elen adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada pengolahan pasca panen kopi di Desa Lendang Nangka Utara, Lombok Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha dan menentukan alternatif strategi pengembangan usaha Kopi Sasak Tulen pada UMKM Berugak Elen di Desa Lendang Nangka Utara. Responden pada penelitian ini berjumlah 15 orang. Strategi pengembangan usaha kopi sasak tulen pada UMKM Berugak Elen dianalisis dengan menggunakan model analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pengembangan usaha Kopi Sasak Tulen pada UMKM Berugak Elen yaitu: kualitas produk yang baik dan khas, motivasi menjalankan usaha karena kebutuhan ekonomi, pembagian jobdesk sesuai dengan kemampuan masing-masing, harga produk yang terjangkau, penggunaan bahan baku dengan kualitas terbaik, penjualan hanya dilakukan secara offline di seluruh daerah, saluran pemasaran terbatas masih menggunakan sistem titip, kurangnya sarana dan prasarana produksi, tidak terdapat diversifikasi produk, dan keterbatasan modal. Sedangkan faktor eksternal yaitu: pembeli yang cendrung menjadi pelanggan, pangsa pasar yang cukup besar, meningkatnya tren minum kopi, adanya perkembangan teknologi, pemasaran digital, meningkatnya harga bahan baku, adanya persaingan yang cukup ketat, kondisi ekonomi masyarakat setempat yaitu menengah kebawah, perubahan iklim dan cuaca dan terdapatnya produk tiruan. Berdasarkan matriks Grand strategi, strategi alternatif pengembangan usaha Kopi Sasak Tulen pada UMKM Berugak Elen menerapkan strategi pertumbuhan agresif. UMKM Berugak Elen diharapkan dapat memperluas pasar terutama dengan memanfaatkan pemasaran digital dan meningkatkan sarana dan prasarana produksi seperti etalase penyimpanan produk, tempat masing-masing proses produksi dan transportasi pemasaran